Tuesday 24 November 2015

Resep mudah es pisang ijo nan lembut dan cara membuatnya

by Unknown  |  in Aneka Es at  Tuesday, November 24, 2015


Resep mudah es pisang ijo – Pertama kali melihat langsung jatuh hati karena paduan warna yang menarik dan sangat menggoda mata dan lidah untuk mencicipinya. Tak mau lama untuk menunggu maka goyang lidah pun langsung memesan satu porsi pada abang penjual es pisang ijo. Tak perlu lama menunggu pesanan es pisang ijo pun udah jadi dan siap untuk dicicipi. Hmmm  seger banget perpaduan yang sangat pas antara pisang ijo, saus dan es nya memang benar benar enak dan seger. Dahaga pun menjadi hilang seketika setelah minum es pisang ijo.

Resep mudah es pisang ijo nan lembut dan cara membuatnya

Penasaran ingin tau resep es pisang ijo dan cara membuatnya  maka goyang lidah pun coba buka internet dan browsing resep es pisang ijo. Ternyata es pisang ijo itu merupakan minuman yang berasal dari makasar loh, bahan yang digunakan untuk pembuatan es pisang ijo sangat sederhana kok dan mudah untuk didapatkan sepeti pisang raja kalo ga ada bisa diganti dengan pisang yang lain, tepung beras, gula , garam dan yang lainya. Dan cara membuatnya pun sangatlah mudah hanya diperlukan kemauan untuk mencoba ga boleh males hehe. Berikut adalah resep mudah es pisang ijo nan lembut dan cara membuatnya yang selengkapnya.


Resep mudah es pisang ijo nan lembut dan cara membuatnya


Bahan bahan


  1. Pisang raja 5 buah (kukus)
  2. Garam ½ sendok teh
  3. Air putih 100 ml
  4. Gula pasir 50 gram
  5. Daun suji 10 lembar
  6. Daun pisang secukupnya (untuk pembungkus)
  7. Minyak goring secukupnya (untuk mengoles biar gak lengket)
  8. Santan 400 ml
  9. Es batu secukupnya
  10. Daun pandan 10 lembar
  11. Sirup Cocopandan 1 botol
  12. Tepung beras 400 gram

Bahan untuk saus es pisang ijo


  1. Gula pasir 100 gram
  2. Daun pandan 1 lembar (potong potong)
  3. Garam ½ sendok teh
  4. Santan cair 1 liter
  5. Tepung beras 60 gram

Cara membuat es pisang ijo


  • Tumbuk daun pandan dan daun suji hingga halus lalu tambahkan sedikit air kemudian perah lalu kemudian saring airnya’
  • Buat adonan dengan cara mencampur tepung beras, gula pasir,garam dan perahan daun suji dan pandan tadi aduk rata, kemudian masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mengental, lalu angkat.
  • Siapkan daun pisang ,olesi dengan minyak kemudian tuang 2 sendok adonan lalu pipihkan, kemudian taruh pisang raja diatasnya gulung menyerupai lontong. Lakukan hal ini untuk semua pisang .
  • Kukus pisang yang udah dibungkus daun pisang tadi hingga matang, angkat lalu dinginkan. Lalu potong potong.

Cara membuat saus es pisang ijo

Campurkan semua bahan untuk membuat saus, aduk hingga rata kemudian masak dengan api sedang aduk terus hingga mengental, angkat dan dinginkan.

Cara penyajian es pisang ijo

Ambil mangkuk masukan pisang ijo yang sudah dipotong potong, tambahkan saus dan es batu dan terahir tambahkan sirup cocopandan. Es pisang ijo siap untuk dinikmati.                          

Es pisang ijo sangat cocok dinikmati saat cuaca panas disiang hari karena bisa membuat kita segar dan dahagapun hilang. Bagaimana sahabat tertarik untuk mempraktekan sendiri resep mudah es pisang ijo nan lembut dan cara membuatnya dirumah? Atau mau coba minuman lain seperti es cendol Elizabeth atau mungkin mau bikin bolu kukus mekar dan lembut aja sebagai makanan penutup. Pilihan ditangan anda, selamat mencoba.

Pos Terkait:
 Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Makasar Spesial 
 Resep Membuat Es Pisang Ijo Asli Makassar Segar 

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.