Thursday 8 October 2015

Resep dan cara membuat bakso asli Solo enak gurih dan mantap

by Unknown  |  in Bakso Solo at  Thursday, October 08, 2015


Cara membuat bakso asli Solo - Bakso merupakan makanan yang sangat cocok dimakan saat cuaca dingin. Ciri yang khas dari bakso adalah dari bentuknya yang bulat seperti bola pingpong. Bakso banyak jenisnya tergantung dari bahan yang dijadikan bakso, ada bakso ikan , bakso ayam, bakso telor, dan bakso daging.

Pada kesempatan ini goyang lidah akan mencoba memberikan resep membuat bakso yang terkenal dari Solo. Karena rasanya yang enak dan gurih selain itu juga tekturnya yang halus pasti membuat ketagihan siapa saja yang menikmatinya. Penasaran? Yuk langsung aja kita intip bagaimana resep dan cara membuat bakso solo.


Resep dan cara membuat bakso asli Solo enak gurih dan mantap

Resep dan cara membuat bakso asli Solo enak gurih dan mantap


Bahan untuk membuat bakso


*Daging sapi segar 1 kg giling
*Tepung kanji 1 ons
*Bawang putih 2 ons
*Lada bubuk 1 sdm
*Es batu 1/2 kg
*Telur 1 buah


Bahan untuk kuah bakso

*Bawang putih 1/4 kg
*Lada bubuk 1 sdm
*Garam 2 sdm
*Pala bubuk 1 sdm
*Gula 1 sdm
*Tulang/balung sapi
*Air 3 liter

Bahan tambahan

*Bihun (rendam lalu tiriskan)
*Seledri iris tipis
*Toge/ cesin
*Bawang goreng

Cara membuat bakso

*Masukan semua bahan untuk bakso kedalam food processor hingga menjadi adonan dan  semuanya tercampur dengan rata, lalu tuangkan kedalam baskom.
*Bentuk bulat adonan, besarnya sesuai keinginan kemudian masukan kedalam air yang mendidih hingga mengapung (tandanya bakso udah mateng),  Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis, tiriskan.
*Panaskan air lalu masukan semua bahan untuk kuah bakso masak hingga benar benar mendidih,masuk kan bakso.

Cara penyajian bakso

Siapkan mangkuk, tuangkan garam dan penyedap secukupnya, masukan bihun lalu toge/cesin, kemudian siram dengan kuah bakso dan tak lupa baksonya juga pastinya terahir taburkan bawang goreng, bakso asli solo siap untuk dihidangkan.

Bakso solo enak dimakan selagi hangat ditambah dengan saus bawang,kecap dan sambal pastinya semakin enak dan mantap rasanya. Apalagi minumnya es cendol elizabeth bandung pokoknya maknyoss deh. Bagai mana siap untuk mencoba Resep dan cara  membuat bakso asli Solo enak gurih dan mantap ? Selamat mencoba.

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.